BARU MEMILIKI MOBIL, INI DIA CARA BELAJAR MENYETIR YANG BAIK

Posted on

Dijaman sekarang ini alat kendaraan bukanlah barang yang sangat mewah untuk dimiliki. Bermacam-macam jenisnya dan juga bervarian harganya, yang membuat masyarakat mampu untuk membelinya. Dengan banyaknya animo masyarakat untuk membeli kendaraan, mobil menjadi salah satu kendaraan yang banyak dicari. Karena kendaraan ini mampu menampung jumlah personel lebih banyak ketimbang kendaraan beroda dua, walaupun kendaraan beroda dua juga banyak diminati oleh masayarakat. Tetapi, bagaimana jika kita mampu membeli mobil tapi tidak bisa mengendarainya? Berikut ini tips dari 2al-tech tentang cara belajar bagaimana menyetir yang baik.

1. Persiapkan kendaraanya

source : https://www.pexels.com/

Sebelum kamu mengendarai mobil, alangkah baiknya kamu mempersiapkan kendaraannya terlebih dahulu. Bukan hanya harus memiliki, tetapi juga mengecek kesiapan daripada kendaraan mobil itu sendiri. Karena jika kamu tidak mempersiapkan segalanya akan berimbas pada keamanan di diri kamu.

a. Mengecek ban mobil

source : https://www.pexels.com/

Ini penting, karena bilamana salah satu ban kamu kempis atau kurang angin, akan sangat berakibat fatal. Mulai dari mobil oleng, tergelincir, atau berat sebelah yang mengakibatkan mring kekiri atau kekanan.

b. Mengecek radiator

source : https://www.pexels.com/

Bagian ini asal kamu rutin mengecek, tidak perlu sering mengecek sebelum menggunakan. Karena pada dasarnya bagian ini adalah sebagai pendingin bagian mesin agar tidak sampai overhead. Kamu gak mau kan tiba-tiba mobil mogok ditengah jalan karena overhead.

c. Mengecek oli mesin

source : https://www.pexels.com/

Kalau kamu ingin mesin kendaraanmu awet, rutinlah mengecek sebelum menggunakan mobil tersebut. Karena perawatan lebih ringan daripada memperbaiki. cukup membuka kap mesin dan menarik tuas cek mesin.

d. Mengecek bensin

source : https://www.pexels.com/

Nah, ini bagian yang terpenting. Bila kamu lupa mengecek dan lupa mengisi bensin. Siap-siap saja, kamu nanti akan mendorong. Bukannya menyetir tetapi malah mendorong. Setidaknya, biasakan untuk memarkir mobil dengan sisa bensin satu garis, yang terlihat pada dashboard mobil.

2. Mulai duduk di kursi jok

source : https://www.pexels.com/

Saat kamu mulai duduk dikursi jok sopir, mulailah untuk mengecek posisi duduk kamu, apakah kamu sudah nyaman pada posisi duduk itu, atau harus sedikit memajukan dan atau memundurkan jok. Agar posisi duduk dan kaki tidak terlalu jauh atau terlalu dekat. karena saat berkendara dibutuhkan kenyamanan.

3. Mengecek spion kanan, kiri dan belakang

source : https://www.pexels.com/

Mobil sekarang lebih mudah untuk mengatur spionnya karena menggunakan elektrik untuk mengaturnya, ini penting karena ketika kita menggunakan mobil. Kita tidak bias menengok kebelakang, dan hal itu sangat berbahaya. Jadi kita hanya menggunakan spion kiri kanan dan belakang.

4. Menggunakan seatbelt

source : https://www.pexels.com/

Ini sangat dianjurkan, sebagai salah satu keamanan bagi kita dan sebagai penunjang pelopor keamanan. Dalam segi apapun, dalam bentuk jalan seperti apapun penggunaan seatbelt sangat membantu terutama saat ada lonjakan di mobil, yang diakibatkan polisi tidur, atau lubang pada jalan raya.

5. Mulai menginjak gas.

source : https://www.pexels.com/

Bila kami pengguna 3 pedal, pastikan kamu sudah terbiasa dalam penggunaan kopling. Sehingga kamu dapat mengatur tekanan saat menginjak gas dan melepas kopling. Tetapi bila kamu kaum pengguna 2 pedal, sangatlah mudah, tinggal kamu merasakan tekanan pada injakan kaki kamu di pedal. Dan biasakan untuk 2 pedal cukup menggunakan satu kaki, jangan dua. ingat janganĀ  dua.

6. Posisi mata

source : https://www.pexels.com/

Seharusnya sebelum kamu menyetir, pastikan kamu sudah menghitung jarak antara bemper depan dan posisi duduk kamu, jadi kamu sudah pasti dapat mengkira-kira bilamana ada kendaraan lain berhenti didepanmu. Kalau admin sih biasanya, bilamana plat nomor kendaraan depan sudah tidak terlihat admin pasti langsung berhenti.

7. Berkendara yang baik

source : https://www.pexels.com/

Berkendaralah yang baik saat dijalan alias tidak ugal-ugalan, selain menghormati pengguna jalan lain, juga membuat kita selamat dalam berkendara.

Nah, itu tadi adalah tips cara belajar menyetir yang baik. Semoga bermanfaat bagi kamu yang baru pertama kali akan menggunakan mobil sebagai alat bertransportasi. Demikian, bila ada saran atau pertanyaan, bisa tinggalkan dikolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *